Selasa, 27 Januari 2009

Kendaraan Hijau

Kendaraan Energi Surya dan Angin

Eklektik merupakan kendaraan energi otomatik terbaru yang dikembangkan oleh Venturi Automobiles. Perbedaan antara Eklektik dengan mobil listrik tradisional adalah ia memiliki atap panel surya dan juga turbin angin yang terpasang pada mobil tersebut. Metode pengisian baterai ini membuat mobil tersebut mampu melakukan pengisian ulang dengan dua cara di samping mencolokkannya ke dalam stop kontak listrik. Jadi, ketika Anda memarkirnya di bawah sinar matahari, mobil ini secara otomatis mulai melakukan pengisian ulang. Cerdas, bukan?

Mobil Eklektik mempunyai 3 tempat duduk dengan berat 350 kg (772 lbs) serta dapat lari dengan kecepatan maksimum 50 km/jam (31 mil/jam). Mobil Eklektik tersebut menggunakan baterai cair dingin NiMH (NIV-7) generasi terbaru yang mempunyai kapasitas kira-kira 3.000 kali lebih besar daripada baterai AA yang dapat diisi ulang dan bisa juga diisi dengan sakelar standar. Yang mengejutkan, umur baterai tersebut bisa mencapai 10 tahun.

Di bawah sinar matahari normal, energi yang dibangkitkan oleh atap sel surya dalam satu hari bisa membuat mobil tersebut mampu menempuh jarak 7 km (4,3 mil). Di daerah berangin, turbin angin memberikan daya tempuh tambahan sejauh 15 km (9,3 mil). Itu artinya jika Anda berkendara kurang dari 10 km (6,2 mil) per hari, maka Anda tidak perlu mengisi ulang mobil itu dengan listrik. Sangat menakjubkan, ekonomis, dan praktis!

Referensi:
http://www.venturi.fr/index.php?article77



Daimler akan meluncurkan Mercedes hijau pada 2010

Bpk. Dieter Zetsche, kepala eksekutif perusahaan Jerman, Daimler, mengatakan bahwa perusahaannya berencana untuk menawarkan mobil listrik Mercedes-Benz pada tahun 2010 serta versi listrik dari armada mobil Smartnya pada tahun yang sama. Pembuat mobil tersebut baru-baru ini meluncurkan 100 mobil listrik Smart generasi pertama di London.
http://www.globalgoodnews.com/business-news-a.html?art=121407611838208902



Inggris mengimpor skuter listrik murah
Setelah beberapa tahun pengetesan untuk memenuhi standar pemerintah, Ego Street Scoota listrik yang bersih dan tidak berisik telah tiba di Inggris sebagai cara paling baru untuk memudahkan keliling kota. Dibuat oleh Lynx Group International dari China, skuter tersebut berharga sekitar US $2.000, yang sepertiga lebih murah dari harga kebanyakan skuter dalam kategorinya. Kecepatan tertingginya sekitar 30 mil per jam,
dan dapat menempuh 40 mil setelah 8 jam pengisian. Skuter tersebut akan segera bisa berjalan di jalur bus London dan juga ikut serta dalam program parkir gratis nasional.
http://thescotsman.scotsman.com/scitech/Electric-scooter-shows-its-rivals.4205733.jp



Mobil dua-tempat duduk dari Australia menawarkan mobilitas yang ekonomis dan berkelanjutan
Dr. Peter Pudney dari Universitas Australia Bagian Selatan, telah menciptakan satu kendaraan yang bisa membawa dua orang plus barang bawaan
dengan kecepatan puncak 120 km/jam; dan juga mengeluarkan suara paling kecil dan beremisi nol. Ia telah menamakan mobil bertenaga baterainya
“TREV”, kepanjangan dari‘Kendaraan Berenergi Terbarukan dengan Dua-Tempat Duduk’. Mobil yang sepenuhnya digerakkan oleh listrik ini membutuhkan kurang daripada seperlima energi mobil konvensional berkat baterai ringan yang bisa diisi ulang dengan menggunakan tenaga angin dan matahari. Dr. Pudney melihat, “Biaya mengisi ulang TREV sebesar 1,1 sen per kilometer. Ini membuat harga minyak tampak tak masuk akal.” TREV saat ini mencari mitra untuk memproduksi mobil.
http://www.theage.com.au/environment/is-this-car-our-future-at-11-cents-a-kilometre-20080615-2qzt.html



Pembuat mobil Honda memperkenalkan kendaraan emisi-nol yang baru
Pada hari Senin, FCX Clarity, mobil sel bahan bakar hidrogen terkemuka Honda, meluncur dari jalur perakitan mobil di Jepang. Mobil bertenaga listrik dan hidrogen ini hanya beremisi air dan akan menuju ke California Selatan, AS, di mana ia akan disambut oleh pelanggan pertamanya, termasuk aktris Jamie Lee Curtis dan suaminya – pembuat film Christopher Guest. Para pemilik FCX Clarity masa depan dapat menempuh jarak 270 mil pada kecepatan hingga 100 mil per jam. Mobil tersebut akan tersedia untuk persediaan terbatas selama beberapa tahun ke depan, tetapi akan diekspansi seiring dengan semakin banyaknya pompa bahan bakar hidrogen.
http://news.yahoo.com/s/ap/20080616/ap_on_bi_ge/japan_honda;_ylt=Asu64zkvsxQLz.zLQ6eH6ctvaA8F



Mobil yang baru ditemukan hanya membutuhkan air
Di Osaka, perusahan Genepax dari Jepang telah mengungkap penemuan terbaru: mobil tenaga listrik yang ramah lingkungan yang dapat dijalankan dari segala jenis air - hujan, sungai, atau laut. Dalam mobil, sebuah generator menggunakan hidrogen dari air dan melepaskan elektron yang menghidupkan mobil. Satu liter air menyediakan tenaga yang cukup untuk berjalan sekitar satu jam dan dapat menempuh 80 km. Genepax baru mengajukan sebuah paten dan berencana untuk bekerja sama dengan otomotif Jepang untuk diproduksi masal di masa depan.
http://in.reuters.com/article/lifestyleMolt/idINSP7366720080613



Toyota akan memproduksi mobil hijau di Australia dan Thailand
Toyota Motor Corporation berencana untuk meluncurkan versi hibrid dari Toyota Camry yang populer di Thailand dan Australia pada tahun 2009 dan 2010 untuk memenuhi kenaikan permintaan global akan mobil yang hemat energi. Dengan satu juta Toyota Prius yang disalurkan ke seluruh dunia sejauh ini, raksasa mobil Jepang ini berharap dapat mengirimkan satu juta hibrid setiap tahunnya setelah tahun 2010.
http://www.presstv.com/Detail.aspx?id=59048&sectionid=3510213



General Motors (GM) akan membuka pom bahan bakar hidrogen di Los Angeles, AS
Dengan bekerja sama dengan Perusahaan Bahan Bakar Energi Bersih, pabrik automobil GM berencana untuk membuka pom bahan bakar hidrogen di lokasi dekat Bandara Internasional Los Angeles. Pom ini akan menyediakan bahan bakar mobil tenaga cell dari Chevy Equinox GM yang dijalankan oleh hidrogen dan hanya membuang asap berupa air. Equinox saat ini sedang uji coba di pasar Los Angeles. GM berencana menambah lebih banyak pom hidrogen dan juga akan menambah 1000 buah mobil cell berbahan bakar hidrogen untuk daerah Kalifornia untuk meningkatkan target kendaraan yang berkelanjutan
http://www.globalgoodnews.com/business-news-a.html?art=121328303229788437

Tidak ada komentar: