Selasa, 27 Januari 2009

ramah lingkungan

Kendaraan Udara

Kendaraan pertama di dunia yang digerakkan oleh kompresor udara direncanakan muncul di jalan di India tahun depan. Tata Motors, pembuat mobil terbesar di India, akan menggunakan teknologi pioner yang dikembangkan oleh insinyur Formula Satu terdahulu, Guy Negre. Kompresor udara mendorong piston mesin. Minyak fosil hanya digunakan untuk menghidupkan kompresor udara mobil, sehingga menghasilkan emisi karbon yang sangat rendah. Pengisian kembali sangat mudah: Bisa dengan menghubungkan mobil ke sumber listrik atau “mengisi ulang” untuk sekitar USD 2 di pompa bensin yang dilengkapi dengan mesin kompresor udara. Kendaraan yang ramah lingkungan ini bisa menghasilkan kecepatan hingga 110 km per jam (68 mph) dan rencananya akan diproduksi di Afrika Selatan, Jerman, dan Israel.

Airbus Menjadi Lebih Ramah Lingkungan

Pada Pertunjukan Dirgantara Internasional Paris tahun ini, perwakilan Airbus mengatakan bahwa pesawat terbesar dan terbaru dari perusahaan ini akan menjadi pesawat yang paling hemat energi. Airbus A380 merupakan pesawat jet superjumbo yang dirancang untuk membawa 550 penumpang. Sebagai tanggapan atas tingginya kepedulian global tentang emisi karbon, para pengusaha industri pesawat udara telah melangkah lebih lanjut. Perusahaan Airbus mengatakan bahwa A380 hampir memenuhi separuh target CO2 standar emisi untuk tahun 2008 yang ditentukan oleh Uni Eropa

Panel Surya untuk Panel Peredam Suara

Pemasangan panel surya sebagai peredam suara sedang dipasang di jalan tol Tullamarine di Melbourne dan merupakan proyek yang pertama di Australia. Daya yang dihasilkan akan menyediakan hingga 10% kebutuhan listrik di sejumlah besar lampu jalanan. Sungguh gagasan yang cemerlang!

Alternatif Berpotensi untuk Bahan Bakar Fosil

Habitat asli Jatropha yang merupakan suatu tanaman liar yang bernilai tinggi berada di Karibian, tetapi para pedagang Portugis membawanya ke Afrika dan Asia ratusan tahun yang lalu. Sekarang, Jatropha sedang dikaji sebagai alternatif berpotensi untuk bahan bakar fosil. Biji Jatropha Curcas bisa dipergunakan untuk bahan bakar biodiesel. Jatropha tumbuh sepanjang masa dan panen empat kali lebih banyak dari bahan bakar minyak kacang kedelai, serta lebih banyak sepuluh kali dari jagung. Satu hektar tanaman menghasilkan enam setengah barel minyak yang siap untuk diproses. Kenyataan ini dimanfaatkan oleh perusahaan British, D1 Oils yang menguasai 385.000 hektar Jatropha mulai dari Swazilandia sampai Indonesia. D1 Oils berencana untuk menggandakan kepemilikannya pada akhir tahun 2008, dan masih banyak perusahaan minyak lainnya yang memiliki rencana yang sama. Sesuai dengan suatu kajian yang dilakukan di Amerika Serikat, biodiesel mengurangi emisi karbondioksida bersih hingga 78% dibandingkan dengan bahan bakar standar diesel.

Intersolar 2007

Sekitar 500 peserta energi surya akan bertemu di Jerman tahun ini untuk acara Intersolar 2007. Konvensi tiga hari tersebut merupakan pameran perdagangan internasional terbesar Eropa untuk teknologi solar. Pameran ini menampilkan fotovoltase, teknologi termal, dan arsitektur surya. Pengunjung datang dari 90 negara yang berbeda. Sebagai negara yang terkemuka dalam generasi pusat pembangkit tata surya, Jerman saat ini menghasilkan 55% energi solar dunia dan terus mengembangkan sumber energi pembaharuannya.

Contoh Pulau Hijau

Pulau Samsoe, lepas pantai Denmark timur, telah menjadi contoh pencegahan atas pemanasan global. Sejak tahun 2000, penduduk pulau tersebut telah membangkitkan 100% kebutuhan listrik mereka hanya dari 11 kincir angin. Panel surya, ilalang, dan biomassa dapat menyediakan 70% sumber energi bagi sekitar 4.200 orang yang tinggal di pulau tersebut. Soeren Hermansen, kepala proyek ketahanan energi di pulau tersebut menyatakan, “Apa yang unik bukanlah pada instalasi kincir atau panel surya. Kenyataannya, bukan hanya perusahan listrik atau perusahaan multinasional besar yang mendukung proyek tersebut, melainkan suatu komunitas yang melibatkan penduduk biasa.” Sekarang, Samsoe berharap untuk mengambil langkah lebih lanjut: ia berharap agar seluruh kendaraan di pulau ini menggunakan minyak biji rami atau hidrogen yang dibangkitkan dengan kekuatan angin. (Episode #276)

Banyak kota-kota di Eropa memandang tanggung jawab lingkungan sebagai tanggung jawab setempat. Mereka memperkenalkan berbagai program yang praktis dan efektif, serta dengan diam-diam mulai merintis jalan menuju pelestarian alam demi mencapai tujuan dari Protokol Kyoto serta membangkitkan semangat penghijauan di seluruh dunia.

Di antara yang patut dicatat adalah sebuah kota kecil yang tenang di bagian selatan Swedia yaitu Växjö. Kota yang telah menjadi sebuah kawasan “hijau” ini telah menarik perhatian para pemimpin politik di dunia, ilmuwan, dan pengusaha. Mereka sangat kagum karena program-program lingkungannya dapat berjalan dengan baik sehingga memenangkan Penghargaan Energi Berkelanjutan Eropa (Sustainable Energy Europe Award) dari Uni Eropa.

Contoh lampu hemat energi yang dibuat oleh Top Power Technology Co.,Ltd

Upaya-upaya perbaikan lingkungan di KotaVäxjö dimulai pada awal tahun 1970! Dalam upaya menjaga pelestarian lingkungan, pemerintah kota memulai sebuah gerakan kebersihan di sekitar danau yang sangat tercemar karena industri dan pertanian daerah setempat. Semenjak 1993, emisi karbondioksida mulai mengalami penurunan secara berkelanjutan. Pada tahun 2006, emisi karbon menurun tajam hingga mencapai angka 30 persen, suatu angka yang jauh di bawah rata-rata angka global emisi karbondioksida per kapita tahunan sebesar 3.236 kg. Dalam upaya menjadi sebuah kota yang bebas bahan bakar fosil, Växjö menargetkan penurunan sebesar 50 persen pada tahun 2010 dan 70 persen pada tahun 2025 (dibandingkan tahun 1993).

Penurunan emisi secara drastis terjadi pada sistem pemanas dan pembangkit energi milik pemerintah distrik. Mereka telah mengganti minyak dengan sisa-sisa kayu industri kehutanan setempat yang dibakar sehingga menghasilkan energi listrik. Panas yang timbul pada saat proses pembuatan air pendingin dimanfaatkan untuk keperluan sistem pemanas pemerintah distrik. Abu tungku perapian dibawa kembali ke hutan untuk digunakan sebagai pupuk tambahan.

Pada tahun 1994, Växjö mulai mengganti semua lampu penerangan jalannya dengan lampu hemat energi. Pemerintah kota merencanakan program ini selesai pada tahun 2009, dan diharapkan pada tahun itu akan terjadi pengurangan emisi CO2 sebanyak 6.000 ton per tahun.

Beberapa Alternatif Pengganti Bahan Bakar Fosil

Berbagai inisiatif dan terobosan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil pada angkutan umum di dalam kota juga telah diperkenalkan. Biogas yang dihasilkan dari tempat pengolahan limbah dimanfaatkan untuk keperluan sistem angkutan umum dengan memberikan subsidi serta fasilitas bebas parkir di dalam kota. Pemerintah juga mendorong masyarakat untuk membeli kendaraan yang ramah lingkungan. Dengan disubsidi oleh dewan kotapraja, jarak tempuh Taxi Växjö dalam kilometer berkurang hingga 20 persen. Terima kasih kepada sistem pemantau posisi berteknologi tinggi yang dapat memantau pergerakan taksi melalui satelit, sehingga kendaraan yang terdekat dengan penumpang dapat segera diperintahkan untuk menjemput penumpang tersebut. Para sopir juga memperoleh pelatihan cara “mengendarai secara ekonomis (eco-driving)” yaitu cara mengendarai kendaraan yang irit bahan bakar. Di samping itu, perusahaan juga memiliki armada hybrid, armada yang digerakkan oleh tenaga etanol, dan juga yang digerakkan oleh tenaga biogas.

Banyak upaya lain yang dilakukan di berbagai wilayah kota. Mereka memberikan dana bantuan kepada pemilik properti perseorangan dengan memasang panel tenaga surya, mendirikan tungku kayu untuk menggantikan minyak, memasang meteran listrik pribadi di asrama mahasiswa, dan juga kepada sebuah konstruksi yang semuanya menggunakan bahan dari kayu di sebuah kawasan perumahan baru yang memiliki bangunan apartemen tertinggi di Eropa. Växjö terletak di tengah-tengah kawasan industri kayu, jadi energi yang dibutuhkan untuk memproduksi dan mengangkut kayu lebih kecil dibandingkan industri besi atau beton.

Stockholm-sebuah kota yang terbersih.
© Juru Kamera: Harryfn, Agen: Dreamstime.com

Kini, dalam upaya untuk menangani isu global, kota kecil yang berpenduduk 800.000 jiwa ini tidak lagi bekerja sendirian. Pada tahun1996, Stockholm berhasil membuat sebuah terobosan di Eropa—Kendaraan Tanpa Emisi atau Rendah Emisi untuk Warga Kota (ZEUS- Zero and low Emission vehicles in Urban Society), yang mengarah kepada terciptanya sebuah kendaraan yang benar-benar bersih lingkungan di perkotaan, dimulai dari semua kendaraan umum. Kendaraan ramah lingkungan ini memakai biofuel atau bahan bakar yang memiliki emisi CO2 yang lebih rendah sebesar 120 g/km, dan menjadi ciri khas kendaraan hybrid atau kendaraan yang sangat kecil lainnya. Dewan kota juga mengadakan kerja sama dengan industri bahan bakar dan Uni Eropa untuk memperluas penyediaan biofuel. Dengan bekerja sama dengan pemerintah, LSM (NGOs), dan kota-kota lainnya mampu memberikan insentif dan pengurangan pajak kepada setiap pembeli kendaraan yang bebas polusi. Kini, tingkat penjualan kendaraan hijau telah mencapai 20 persen dari seluruh penjualan kendaraan di dalam kota. Di samping itu Stockholm kini telah menjadi sebuah kota yang memiliki presentase tertinggi jenis kendaraan ZEUS di Eropa yang mampu mengurangi emisi CO2 sebanyak 200.000 ton per tahun.

Kota pelabuhan, Göteborg, Swedia, juga telah membuat sasaran menuju sebuah planet yang lebih hijau. Pada umumnya, kebanyakan kapal laut memperoleh energi listrik dari pembangkit listrik tenaga diesel - cara yang sangat boros energi dan berpolusi tinggi. Göteborg mengembangkan sebuah sistem penyediaan energi di daratan dengan menggunakan energi yang terbarukan dari turbin angin untuk menyalurkan energi listrik ke kapal di pelabuhan, yang mampu mengurangi emisi sisi kiri kapal sebesar 94-97 persen! Pada tahun 2004, skim ini memenangkan “Penghargaan Kapal Bersih” dari Komisi Eropa (European Commission’s “Clean Marine Award” ) atas prestasinya yang menonjol dalam masalah lingkungan.

Cara Bijaksana untuk Menghemat Energi dan Uang

Kota Kopenhagen, Denmark memiliki sistem pemanas dimana 97 persen sumber panasnya berasal dari panas buangan hasil dari proses penyediaan energi listrik. Panas yang dihasilkan ini sangat bersih dan dapat dipercaya. Sistem ini didirikan pada tahun 1984 oleh lima walikota bersama-sama dengan Transmisi Energi Panas Kota Metropolitan Kopenhagen (Metropolitan Copenhagen Heating Transmission-CTR) yang bekerja sama dengan sebuah anak perusahan, VEKS untuk menjalankan sistem ini. Dengan adanya sistem ini, serta pengalihan bahan bakar pembangkit listrik dari batubara ke gas alam dan biofuel (jerami dan kayu), maka telah membuat gabungan dari kedua sistem ini mampu menurunkan kensumsi rata-rata rumah tangga sebesar 1.400 EUR per tahun, dan Distrik Konpenhagen dapat menghemat 203.000 ton minyak per tahun, atau mengurangi emisi gas CO2 sebesar 665.000 ton.

Kopenhagen juga memiliki sistem pertanian terbesar kedua di dunia yang menggunakan tenaga angin lepas pantai yang digerakkan oleh turbin angin dengan kapasitas total sebesar 160 MW, yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik 150.000 rumah tangga Denmark, atau 2 persen dari seluruh penggunaan energi listrik Denmark. Turbin lepas pantai memiliki kemampuan memproduksi energi listrik satu setengah kali lebih besar dari energi yang dihasilkan oleh turbin di daratan. Sarana itu mampu menyumbang penurunan emisi gas CO2 sebesar 660.000 ton per tahun

Udara yang Lebih Bersih dan Tubuh yang Lebih Sehat – Sangat Serasi!

Di samping itu, Kopenhagen adalah sebuah tempat persinggahan bagi pengendara sepeda yang menawarkan sebuah lingkungan bersepeda yang aman, terjamin, dan efisien. Pada tahun 1995, pemerintah kota menyediakan layanan sepeda untuk umum yang memungkinkan masyarakat mengambil dan mengembalikan sepeda di tempat penyimpanan yang tersebar di berbagai tempat di pusat kota. Program kerja sama masyarakat umum dan perseorangan dikelola oleh sebuah organisasi sosial, Yayasan Sepeda Kota Kopenhagen (The City Bike Foundation of Copenhagen), yang mendapat dukungan dana dari pihak sponsor dan pemasukan dari iklan. Yayasan ini juga menyediakan lapangan kerja bagi para narapidana dan pengangguran yaitu dengan mengharuskan mereka untuk memelira jalan-jalan di kota. Kini, 36 persen penduduknya berangkat ke sekolah atau bekerja dengan bersepeda, dan targetnya meningkat menjadi 50 persen pada tahun 2015, dan membuat Kopenhagen benar-benar menjadi sebuah “Kota bagi Pengendara Sepeda”. Di Prancis, skim Vélo’v diluncurkan pada bulan Mei 2005. Dengan iuran kartu anggota prabayar sebesar satu euro per minggu dan 5 euro per tahun, Anda sudah bisa menyewa sepeda di setiap tempat di kota. Kini telah tersedia 3.000 sepeda lebih dan 350 stasiun lebih yang tersebar di berbagai tempat di Kota Lyon dan Villeurbanne.

Paris’ Vélib, diluncurkan pada bulan Juli 2007, dan merupakan skim tiruan Vélo’v, hanya saja ukurannya sedikit lebih besar. Dengan sepeda sebanyak 10.600 dari 750 tempat penyewaan dan masing-masing tempat memiliki 15 sepeda atau lebih, Walikota Bertrand Delanoe berharap agar Vélib mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di kota hingga 40 persen pada tahun 2020. Program komunitas sepeda juga terdapat di Stockholm, Barcelona, London, dan di beberapa kota di Jerman dan Belanda.

Kota London menerapkan “pengenaan biaya di daerah yang rawan macet”. Biaya harian sebesar £8 bagi yang mengendarai atau memarkir kendaraan di jalan umum yang berada di kawasan rawan macet pada hari kerja antara pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore. Pada bulan Februari 2007, cakupan wilayahnya diperluas hingga 38 km2 dan merupakan yang terbesar di dunia. Menurut angka statistik resmi pemerintah setempat, kepadatan lalu lintas di daerah kawasan yang terkena biaya menurun hingga 20 persen, setara dengan 75.000 kendaraan per hari, sehingga menyebabkan penurunan emisi gas CO2 antara 20-30 persen atau 60.000 ton per tahun. Pengendara kendaraan sebagian besar merespon ketentuan itu dengan beralih ke angkutan umum atau bersepeda.

Pada bulan Agustus 2007, Stockholm menjadi kota kedua di Eropa, setelah London, yang menerapkan pengenaan biaya kemacetan. Uji coba yang dilakukan pada tahun 2006 selama 7 bulan telah mampu mengurangi emisi gas CO2 sebesar 14 persen dan kepadatan lalu lintas sebesar 22 persen.

Beberapa sepeda yang digunakan pada skim Velo’v.
© Juru Kamera: Jakezc, Agen: Dreamstime.com

Toyota mengalirkan gas rumah kaca ke rumah kaca untuk menumbuhkan tanaman
Grup kendaraan di Toyota telah bermitra dengan perusahaan-perusahaan lain dalam sebuah percobaan dengan rumah kaca terbesar di Asia untuk mendaur ulang emisi CO2. Kepala Toyota Floritech Bpk. Teruo Takatomi menyatakan, “Sekarang ini Anda secara otomatis menganggap CO2 tidak baik. Tapi ia diperlukan tumbuhan untuk berkembang.” Perkebunan itu mengawali gas alam yang digunakan untuk menghasilkan listrik bagi penerangan. Panas yang dihasilkan dari proses ini digunakan untuk memanaskan air sementara emisi CO2 disalurkan ke rumah kaca untuk memacu pertumbuhan tanaman.
http://www.straitstimes.com/Free/Story/STIStory_250695.html

Seorang insinyur Sri Lanka mengembangkan pengering makanan dengan sedikit bahan bakar
Untuk mengurangi pembuangan buah-buahan dan sayuran karena minimnya fasilitas pendingin atau fasilitas pengolahan, seorang insinyur dan desainer alat-alat industri, Rankoth Pathirana mengembangkan sebuah pengering makanan yang hanya ditenagai oleh serbuk gergaji. Alat ini memudahkan pengeringan dan dapat menyimpan buah serta sayuran dalam waktu yang lama hingga mereka dapat dikonsumsi dengan aman dan tetap nikmat di kemudian hari.
http://www.dailynews.lk/2008/06/18/bus02.asp

Pelajar Vietnam menemukan alat penguras untuk saluran pembuangan limbah air rumah tangga

Đinh Trần Vũ An, seorang pelajar tingkat sebelas dari Kota Sa Đéc di selatan Provinsi Đồng Tháp di Âu Lạc (Vietnam) telah menemukan alat penguras untuk rumah tangga yang mengolah air sebelum ia memasuki sistem saluran pembuangan umum di lingkungan. Penyaringnya menggunakan karbon aktif untuk menyerap zat pencemar dari air. Dengan biaya 6,02 dolar AS, alat itu relatif murah, dengan hasil saringan hingga 85% memenuhi standar nasional untuk air olahan. An muda berkata, “Mengembalikan air bersih kembali ke alam setelah menggunakannya merupakan satu cara untuk menunjukkan bahwa kita menghormati alam dan hidup
harmonis dengan lingkungan.”
http://www.thanhniennews.com/education/?catid=4&newsid=39395

Perangkat lunak baru membantu petani Selandia Baru untuk mengukur emisi gas rumah kaca mereka
Pemerintah Selandia Baru telah memperbarui perangkat lunak yang dipakai para petani Selandia Baru sehingga mereka sekarang dapat dengan mudah dan akurat menghitung emisi gas rumah kaca dari aktivitas pertanian mereka. Perangkat ini diharapkan bermanfaat dalam memenuhi ketentuan pemerintah untuk melaporkan tingkat emisi gas rumah kaca dari ternak mulai tahun 2013
http://www.medindia.net/news/Software-to-Help-New-Zealand-Farmers-to-Measure-Greenhouse-Gas-Emissions-Accurately-37985-1.htm

Perusahaan AS mendapat kemajuan penting dalam mengubah ganggang menjadi minyak
OriginOils telah mendaftarkan paten keempat tentang teknologi baru yang diharapkan memungkinkan produksi minyak yang berbasis ganggang dalam skala besar. Bahan bakar nabati dari ganggang telah disebutkan sebagai pengganti dari bahan bakar fosil, dan ini hanya tinggal menunggu kemajuan proses untuk melepaskan minyak dari sel ganggang. Pengembangan terbaru OriginOils telah berhasil menggunakan getaran gelombang mikro dan ultra untuk mendapatkan minyak ganggang.

Penemuan baru dalam daur ulang air
Di Pusat Penelitian Palo Alto di Kalifornia, AS, Peneliti Meng Lean dan timnya telah mengembangkan suatu metode penyaringan air yang tidak mahal
yang menggunakan sistem penyaringan spiral untuk mendaur ulang air dengan tujuan bukan untuk diminum sampai lima kali lebih cepat dari sistem yang ada saat ini. Tim Dr. Lean berharap untuk segera bisa mencapai volume daur ulang sebanyak 100 liter per menit untuk melayani pertanian dan kebutuhan air dalam skala besar.
http://abclocal.go.com/kgo/story?section=news/environment&id=6198707

Pusat Pengolahan Sampah Elektronik
Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China sedang membangun pusat pengolahan sampah elektronik yang pertama di negara tersebut, agar dapat dengan aman membuang 10.000 ton sampah elektronik Perusahaan-perusahaan mendesain ulang rangkaian persediaan barang berkenaan dengan prinsip hijau.
Sebuah survei pada 350 perusahaan di seluruh dunia oleh perusahaan penelitian Amerika Serikat, Aberdeen Group, mendapatkan bahwa 83% manajer persediaan telah menerapkan desain ulang yang hijau atas rangkaian persediaan mereka, atau proses untuk mendapatkan produk atau pelayanan dari perusahaan kepada konsumen. Beberapa alasan utama perusahaan melakukan hal ini adalah untuk mengurangi biaya, meningkatkan tanggung jawab sosial, dan mengurangi sampah.
http://www.environmentalleader.com/2008/06/05/supply-chain-managers-are-architecting-a-green-future

Kendaraan Hijau

Kendaraan Energi Surya dan Angin

Eklektik merupakan kendaraan energi otomatik terbaru yang dikembangkan oleh Venturi Automobiles. Perbedaan antara Eklektik dengan mobil listrik tradisional adalah ia memiliki atap panel surya dan juga turbin angin yang terpasang pada mobil tersebut. Metode pengisian baterai ini membuat mobil tersebut mampu melakukan pengisian ulang dengan dua cara di samping mencolokkannya ke dalam stop kontak listrik. Jadi, ketika Anda memarkirnya di bawah sinar matahari, mobil ini secara otomatis mulai melakukan pengisian ulang. Cerdas, bukan?

Mobil Eklektik mempunyai 3 tempat duduk dengan berat 350 kg (772 lbs) serta dapat lari dengan kecepatan maksimum 50 km/jam (31 mil/jam). Mobil Eklektik tersebut menggunakan baterai cair dingin NiMH (NIV-7) generasi terbaru yang mempunyai kapasitas kira-kira 3.000 kali lebih besar daripada baterai AA yang dapat diisi ulang dan bisa juga diisi dengan sakelar standar. Yang mengejutkan, umur baterai tersebut bisa mencapai 10 tahun.

Di bawah sinar matahari normal, energi yang dibangkitkan oleh atap sel surya dalam satu hari bisa membuat mobil tersebut mampu menempuh jarak 7 km (4,3 mil). Di daerah berangin, turbin angin memberikan daya tempuh tambahan sejauh 15 km (9,3 mil). Itu artinya jika Anda berkendara kurang dari 10 km (6,2 mil) per hari, maka Anda tidak perlu mengisi ulang mobil itu dengan listrik. Sangat menakjubkan, ekonomis, dan praktis!

Referensi:
http://www.venturi.fr/index.php?article77



Daimler akan meluncurkan Mercedes hijau pada 2010

Bpk. Dieter Zetsche, kepala eksekutif perusahaan Jerman, Daimler, mengatakan bahwa perusahaannya berencana untuk menawarkan mobil listrik Mercedes-Benz pada tahun 2010 serta versi listrik dari armada mobil Smartnya pada tahun yang sama. Pembuat mobil tersebut baru-baru ini meluncurkan 100 mobil listrik Smart generasi pertama di London.
http://www.globalgoodnews.com/business-news-a.html?art=121407611838208902



Inggris mengimpor skuter listrik murah
Setelah beberapa tahun pengetesan untuk memenuhi standar pemerintah, Ego Street Scoota listrik yang bersih dan tidak berisik telah tiba di Inggris sebagai cara paling baru untuk memudahkan keliling kota. Dibuat oleh Lynx Group International dari China, skuter tersebut berharga sekitar US $2.000, yang sepertiga lebih murah dari harga kebanyakan skuter dalam kategorinya. Kecepatan tertingginya sekitar 30 mil per jam,
dan dapat menempuh 40 mil setelah 8 jam pengisian. Skuter tersebut akan segera bisa berjalan di jalur bus London dan juga ikut serta dalam program parkir gratis nasional.
http://thescotsman.scotsman.com/scitech/Electric-scooter-shows-its-rivals.4205733.jp



Mobil dua-tempat duduk dari Australia menawarkan mobilitas yang ekonomis dan berkelanjutan
Dr. Peter Pudney dari Universitas Australia Bagian Selatan, telah menciptakan satu kendaraan yang bisa membawa dua orang plus barang bawaan
dengan kecepatan puncak 120 km/jam; dan juga mengeluarkan suara paling kecil dan beremisi nol. Ia telah menamakan mobil bertenaga baterainya
“TREV”, kepanjangan dari‘Kendaraan Berenergi Terbarukan dengan Dua-Tempat Duduk’. Mobil yang sepenuhnya digerakkan oleh listrik ini membutuhkan kurang daripada seperlima energi mobil konvensional berkat baterai ringan yang bisa diisi ulang dengan menggunakan tenaga angin dan matahari. Dr. Pudney melihat, “Biaya mengisi ulang TREV sebesar 1,1 sen per kilometer. Ini membuat harga minyak tampak tak masuk akal.” TREV saat ini mencari mitra untuk memproduksi mobil.
http://www.theage.com.au/environment/is-this-car-our-future-at-11-cents-a-kilometre-20080615-2qzt.html



Pembuat mobil Honda memperkenalkan kendaraan emisi-nol yang baru
Pada hari Senin, FCX Clarity, mobil sel bahan bakar hidrogen terkemuka Honda, meluncur dari jalur perakitan mobil di Jepang. Mobil bertenaga listrik dan hidrogen ini hanya beremisi air dan akan menuju ke California Selatan, AS, di mana ia akan disambut oleh pelanggan pertamanya, termasuk aktris Jamie Lee Curtis dan suaminya – pembuat film Christopher Guest. Para pemilik FCX Clarity masa depan dapat menempuh jarak 270 mil pada kecepatan hingga 100 mil per jam. Mobil tersebut akan tersedia untuk persediaan terbatas selama beberapa tahun ke depan, tetapi akan diekspansi seiring dengan semakin banyaknya pompa bahan bakar hidrogen.
http://news.yahoo.com/s/ap/20080616/ap_on_bi_ge/japan_honda;_ylt=Asu64zkvsxQLz.zLQ6eH6ctvaA8F



Mobil yang baru ditemukan hanya membutuhkan air
Di Osaka, perusahan Genepax dari Jepang telah mengungkap penemuan terbaru: mobil tenaga listrik yang ramah lingkungan yang dapat dijalankan dari segala jenis air - hujan, sungai, atau laut. Dalam mobil, sebuah generator menggunakan hidrogen dari air dan melepaskan elektron yang menghidupkan mobil. Satu liter air menyediakan tenaga yang cukup untuk berjalan sekitar satu jam dan dapat menempuh 80 km. Genepax baru mengajukan sebuah paten dan berencana untuk bekerja sama dengan otomotif Jepang untuk diproduksi masal di masa depan.
http://in.reuters.com/article/lifestyleMolt/idINSP7366720080613



Toyota akan memproduksi mobil hijau di Australia dan Thailand
Toyota Motor Corporation berencana untuk meluncurkan versi hibrid dari Toyota Camry yang populer di Thailand dan Australia pada tahun 2009 dan 2010 untuk memenuhi kenaikan permintaan global akan mobil yang hemat energi. Dengan satu juta Toyota Prius yang disalurkan ke seluruh dunia sejauh ini, raksasa mobil Jepang ini berharap dapat mengirimkan satu juta hibrid setiap tahunnya setelah tahun 2010.
http://www.presstv.com/Detail.aspx?id=59048&sectionid=3510213



General Motors (GM) akan membuka pom bahan bakar hidrogen di Los Angeles, AS
Dengan bekerja sama dengan Perusahaan Bahan Bakar Energi Bersih, pabrik automobil GM berencana untuk membuka pom bahan bakar hidrogen di lokasi dekat Bandara Internasional Los Angeles. Pom ini akan menyediakan bahan bakar mobil tenaga cell dari Chevy Equinox GM yang dijalankan oleh hidrogen dan hanya membuang asap berupa air. Equinox saat ini sedang uji coba di pasar Los Angeles. GM berencana menambah lebih banyak pom hidrogen dan juga akan menambah 1000 buah mobil cell berbahan bakar hidrogen untuk daerah Kalifornia untuk meningkatkan target kendaraan yang berkelanjutan
http://www.globalgoodnews.com/business-news-a.html?art=121328303229788437

Bencana Alam Akibat Perubahan Iklim

Peningkatan aktivitas gempa bumi berhubungan dengan pemanasan global

Dr. Tom Chalko, kepala geofisika di Peneliti Teknik Ilmu Pengetahuan Austria telah mencatat peningkatan aktivitas gempa bumi yang saat ini lebih besar lima kali daripada dua puluh tahun lalu. Dengan mengutip data NASA dimana es di Bumi saat ini menyerap lebih banyak energi panas dari Matahari daripada radiasi yang dibalikkan ke angkasa, Dr. Chalko menyatakan, “Ketidakseimbangan panas ini telah menciptakan panas di dalam perut bumi tidak dapat keluar sehingga perut bumi terlalu panas. Peningkatan aktivitas gerakan seismik, tektonik, dan vulkanik
adalah akibat yang tak terabaikan dari panas yang terperangkap akibat ketidakseimbangan.” Dr. Chalko sedang mendesak komunitas ilmuwan internasional untuk membagikan info ini dengan publik dan berkata, “Konsekuensi dari kelambanan kita akan menjadi malapetaka. Tidak ada waktu untuk gerakan setenga-setengah.”
http://www.earthtimes.org/articles/show/earthquakes-became-five-times-more,437288.shtml

Badan AS Membenarkan Pola Cuaca yang Esktrim Akibat Perubahan Iklim

Menurut sebuah laporan dari Program Ilmu Pengetahuan Perubahan Iklim AS yang disusun oleh banyak badan pemerintah, pemanasan global akan menyebabkan kondisi cuaca menjadi semakin parah, dengan kekeringan dan banjir yang meningkat baik dalam tingkat keparahan maupun lamanya. Laporan itu juga meramalkan frekuensi terjadinya keesktriman ini menjadi semakin cepat, dan memberi peringatan bahwa tindakan pencegahan harus memperhitungkan kecenderungan perubahan iklim agar efektif melindungi masa depan.
http://ap.google.com/article/ALeqM5jXqXnWulOVVpi1gZO44HR_L01uYAD91DB2583

Perubahan Iklim Menjadi Latar Belakang Bencana Alam Seperti Banjir di Midwest

Kerusakan karena badai dan banjir yang terjadi baru-baru ini di negara-negara bagian midwest di Wisconsin, Illinois, Indiana, dan Iowa dikaitkan dengan pemanasan global. Perry Beeman, wartawan pemenang penghargaan untuk The Des Moines Register di Iowa, mengatakan bahwa sebelum badai terjadi, ia dan rekan-rekannya telah mengembangkan serial perubahan iklim untuk diterbitkan di koran tersebut dan meramalkan dampak-dampak ini.
http://www.alternet.org/environment/88739/

Zambia Menghadapi Perubahan Iklim

Dalam sebuah seminar di Lusaka, Wakil Menteri Pariwisata dan Sumber Daya Alam Zambia, Todd Chilembo berbicara tentang banjir di negaranya baru-baru ini merupakan contoh dari dampak pemanasan global dan berkata bahwa akan butuh waktu lama untuk pulih kembali. Bpk. Aeneas Chuma, wakil Zambia untuk Program Pembangunan PBB juga mengutip laporan
Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim yang menegaskan bahwa 95% perubahan iklim disebabkan oleh aktivitas manusia. Wakil Menteri Chilembo menyatakan bahwa kementeriannya
ikut serta dalam Mekanisme Pembangunan Bersih (CDM), sebuah langkah yg berkaitan dengan Protokol Kyoto yang memungkinkan negara-negara maju menanamkan modal dalam proyek-proyek pengurangan emisi di Zambia.
http://news.xinhuanet.com/english/2008-06/21/content_8413393.htm

Topan Nargis adalah Indikasi dari Perubahan Iklim

Menurut Pusat Ilmu Pengetahuan dan Lingkungan (CSE), Topan Nargis yang merusak Myanmar dan memakan korban sangat banyak ini sepertinya merupakan dampak dari dari perubahan iklim. Dengan mengutip laporan perubahan iklim PBB, Direktur CSE, Sunita Narain, berkata, “Nargis adalah satu tanda akan datangnya hal-hal lain. Di tahun 2007, Bangladesh dihancurkan oleh topan tropis Sidr. Korban dari topan ini adalah korban perubahan iklim.” Narain menyerukan negara-negara kaya agar lebih bergegas mengatasi emisi gas rumah kaca mereka untuk membantu mengurangi pengaruh hebat dari pola cuaca yang tidak stabil bagi negara-negara yang pertaniannya tergantung pada hujan.
http://voanews.com/english/2008-05-07-voa58.cfm

Dampak Perubahan Iklim Terhadap Flora dan Fauna

Perubahan Iklim Membahayakan Kelangsungan Spesies Wilayah Tropis
Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Science menunjukkan bahwa hanya satu atau dua derajat pemanasan dapat menghilangkan spesies wilayah tropis. Ilmuwan dari Universitas Washington di AS telah menemukan bahwa flora dan fauna yang hidup di iklim tropis telah beradaptasi terhadap temperatur tertinggi yang dapat ditoleransi oleh mereka. Namun, sedikit saja kenaikan dalam pemanasan dapat menciptakan kondisi yang melampaui kemampuan spesies itu untuk beradaptasi. Para ilmuwan juga memperingatkan bahwa wilayah tropis mengandung mayoritas dari spesies dunia.
http://www.cbc.ca/consumer/story/2008/05/05/polar-bears.html

Keadaan Rapuh dari Tanaman Obat Membahayakan Kesehatan Publik

Suatu penelitian internasional yang dilakukan oleh Perlindungan Kebun Raya Internasional menunjukkan bahwa kira-kira 400 tanaman obat menghadapi resiko punah karena efek perubahan iklim pada ekosistem dan juga praktik-praktik seperti pemungutan hasil panen dan penebangan hutan yang berlebihan. Spesies-spesies tanaman obat yang terancam saat ini termasuk magnolia,
yang telah lama digunakan sebagai obat tradisionil China untuk kehilangan ingatan sehubungan dengan usia dan penyakit jantung. Lebih dari setengah resep obat dunia saat ini diambil dari tanaman. Selain itu mayoritas penduduk dunia tergantung dari obat-obatan berbasis tanaman. Pengarang laporan itu, Belinda Hawkins, menyatakan “Bukan suatu pernyataan yang berlebihan untuk mengatakan bahwa jika penurunan cepat dari spesies-spesies ini tidak dihentikan, maka hal ini dapat menurunkan stabilitas perawatan kesehatan global di masa mendatang.
http://www.naturalnews.com/023402.html

Pemanasan Global Mengakibatkan Migrasi Hewan

Penelitian telah menunjukkan bahwa 30 spesies reptil dan amfibi berpindah menuju tempat yang lebih tinggi ke ekosistem yang lebih dingin. Ahli biologi Christopher Raxworthy dari Museum Amerika untuk Sejarah Alam mengatakan bahwa pada akhirnya tidak ada lahan yang lebih tinggi yang tersedia. Dua spesies katak dan tokek sekarang berada dalam bahaya kepunahan.
http://news.xinhuanet.com/english/2008-06/18/content_8393537.htm

Perubahan Iklim dapat Membuat Spesies Burung Australia di Tepi Jurang Kepunahan

Dengan 10 spesies burung yang sudah punah dan 60 lainnya yang berada di ambang nasib yang sama. Profesor David Paton dari Unversitas Adelaide di Australia mengatakan, “Ada risiko nyata bahwa Anda akan kehilangan setengah spesies burung dari wilayah ini. Saya pikir itu adalah sesuatu yang tidak boleh ditolerir oleh masyarakat mana pun.” Profesor Paton merencanakan sebuah proyek berskala besar untuk menumbuhkan tanaman hingga 150.000 hektar di Gunung Lofty Ranges di Australia selatan yang akan melindungi flora dan fauna asli dari kepunahan. Diperkirakan bahwa pekerjaan ini membutuhkan minimum hampir US$19 juta untuk meluncurkan Inisiatif Pemulihan Hutan. Dr. Paton optimis bahwa kehilangan spesies yang bertambah dapat dihindari jika habitat yang cocok dan subur dipulihkan kembali.
http://www.abc.net.au/news/stories/2008/06/18/2277949.htm?section=justin

Ikan-ikan Hiu Terancam Punah Akibat Perubahan Iklim

Studi baru-baru ini yang dimuat dalam jurnal Pelestarian Biologi menyatakan bahwa populasi dari banyak spesies ikan hiu yang berkurang dengan cepat membuat para ilmuwan prihatin tentang dampaknya terhadap ekosistem laut secara keseluruhan. Kelompok-kelompok pelestarian menyerukan agar dilakukan langkah-langkah global untuk melindungi ikan hiu itu, bahkan beberapa jenis hampir lenyap sama sekali.
http://news.bbc.co.uk/2/hi/science/nature/7446112.stm

Spesies Anjing Laut Pertama Kali Dideklarasikan Punah Akibat dari Kegiatan Manusia

Setelah tidak terlihat selama lebih dari 50 tahun, anjing laut di Karibia atau India Barat sekarang dinyatakan punah. Anjing laut subtropis yang pernah ditemukan secara berlimpah di Laut Karibia, Teluk Meksiko, dan sebelah barat Samudera Atlantik, pada dasarnya diburu sampai punah. Dua spesies berhubungan lainnya, anjing laut Mediteranian dan Hawai baru-baru ini terdaftar sebagai satwa yang terancam punah, dengan perlindungan intensif yang diperlukan untuk menghindari kepunahan mereka juga.
http://www.ens-newswire.com/ens/jun2008/2008-06-09-02.asp

Naiknya Kandungan CO2 di Atmosfer Mengganggu Kehidupan Laut

Para ilmuwan dari Universitas Plymouth di Inggris melakukan evaluasi dampak karbon dioksida yang diserap laut melalui sebuah studi di lubang CO2 alamiah yang ditemukan di Laut Mediterania. Studi tersebut menunjukkan bahwa di dekat lubang dasar laut ini, CO2 membuat air menjadi lebih asam dan mengakibatkan hilangnya keanekaragaman laut dalam perbandingan yang sama dengan pengasaman. Karena berkurangnya kalsium di air yang asam, kerangka keong menjadi hancur dan terumbu karang tidak dapat terbentuk. Dr. Carol Turley dari Laboratorium Laut Plymouth mengatakan, “Ini berarti satu-satunya cara untuk mengurangi pengasaman laut adalah dengan pengurangan emisi CO2 dalam jumlah yang besar."
http://news.bbc.co.uk/2/hi/science/nature/7437862.stm

Hari Lautan Sedunia Menawarkan Kesempatan untuk Melindungi Lautan

Untuk menghormati hari tersebut yang dirayakan secara informal oleh PBB dan organisasi-organisasi lain pada tanggal 8 Juni, Badan Pelestarian Alam yang berbasis di AS telah mengeluarkan daftar perubahan sederhana yang bisa dilakukan orang untuk merawat lautan dunia yang rapuh dengan lebih baik. Daftar paling atas adalah meminimalkan pemakaian plastik dengan beralih ke
produk yang bisa dipakai ulang seperti tas belanja kain. Perubahan yang lain adalah membuang bahan kimia dengan benar dan tidak menuangnya ke dalam saluran air karena mereka bisa mengalir langsung ke sungai dan laut.
http://www.prweb.com/releases/nature_conservancy/world_ocean_day/prweb1000324.htm

Populasi Ikan Dunia Menyusut

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB menyatakan bahwa 75% dari semua spesies ikan komersial telah ditangkap secara berlebihan. Callum Roberts, profesor konservasi laut di Universitas York, Inggris, serta para ilmuwan lainnya, mengatakan bahwa penangkapan ikan berskala industri sejak 90 tahun yang lalu telah menyebabkan bukan hanya hilangnya ikan, tetapi seluruh rantai makanan biologis. Dr. Roberts menyarankan penetapan segera area perlindungan permanen
di seluruh lautan di dunia, untuk memungkinkan pemulihan ikan sebelum terlalu terlambat.
http://www.guardian.co.uk/environment/2008/may/11/fishing.food

Perubahan Perilaku Burung Berhubungan dengan Perubahan Iklim

Para peneliti Universitas Oxford di Inggris menemukan bahwa burung gelatik batu sekarang bertelur kira-kira 2 minggu lebih awal daripada setengah abad yang lalu, sebagai penyesuaian terhadap pemanasan global. Sementara itu, terlihatnya dua burung tropis di dekat Pulau Po Toi di bagian paling selatan Hong Kong, untuk yang pertama kalinya, juga disebabkan oleh temperatur yang lebih hangat. Ketua Lembaga Pemantau Burung Hong Kong, Cheung Ho-fai mengatakan, “Burung-burung sangat sensitif terhadap perubahan iklim dan mengamati mereka adalah cara yang baik untuk memahami perubahan-perubahan.”
http://www.earthtimes.org/articles/show/204511,global-warming-brings-tropical-birds-to-hong-kong-watchers-say.html

Perubahan Iklim dan Polusi Mempengaruhi Burung-burung di Seluruh Dunia

Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) berkata pada hari Selasa bahwa penurunan secara keseluruhan jumlah burung yang bermigrasi adalah tanda bahaya adanya perubahan dalam keanekaragaman hayati di seluruh dunia. Burung-burung amat sensitif terhadap perubahan iklim dan karena itu bisa menjadi indikator yang tepat akan perubahan pola iklim. Burung-burung air seperti pinguin secara khusus rentan terharap efek perubahan iklim. Heidi Geisz, ahli biologi laut di Institut Ilmu Laut Virginia di AS, telah menemukan pestisida terlarang DDT dalam badan pinguin Adélie. Diperkirakan bahwa zat tersebut terperangkap dalam lapisan es pada tahun 1960 ketika DDT diproduksi dan sekarang terlepas karena perubahan iklim.
http://www.telegraph.co.uk/earth/main.jhtml?xml=/earth/2008/05/08/eatoxic108.xml

Para pembuat Undang-Undang AS mulai memperhatikan lautan dan perubahan iklim

Sebuah simposium 3-hari di Washington, DC, berakhir tanggal 5 Juni, dimana ilmuwan-ilmuwan terkemuka, konsultan-konsultan pelestarian lingkungan, dan para pembuat kebijakan AS membicarakan keprihatiaan mengenai dampak pemanasan global terhadap lautan.

Dr. Lara Hansen, Chief Scientist, World Wildlife Fund International Climate Change Programme:
Kita terus menambah emisi CO2 kita secara global. Kita perlu menguranginya, idealnya sebesar 90 persen lebih karena masalah-masalah seperti laut yang semakin bersifat asam akan terus terjadi selama lautan terus menyerap CO2 dari atmosfer. Para ahli Dana Margasatwa Dunia mengatakan bahwa kehidupan laut belum pernah berada dalam keadaan rentan seperti saat ini. Mereka menunjuk dampak besar terhadap populasi hewan yang tergantung dari lautan seperti beruang kutub dan singa laut. Topik lain yang diangkat dalam simposium itu mulai dari terumbu karang sampai dengan sampah dan adaptasi makhluk laut. Salah satu diskusi panel berfokus pada hubungan antara lautan dan kesehatan manusia. Dr. Paul Sandifer dan Senator John Kerry adalah dua orang yang ikut dalam diskusi ini. Dialong disimpulkan dengan langkah-langkah praktis yang bisa dilakukan oleh individu untuk membantu melindungi perairan di Bumi agar kehidupan
semua spesies terjamin.

Dr. Paul Sandifer, Senior Scientist, National Oceanic and Atmospheric Administration, USA:
Kita dapat bertindak dengan hati-hati saat memakai dan membuang bahan-bahan kimia kita, juga pemakaian bahan kimia yang umum dalam rumah tangga, semua yang bisa dibawa air dari halaman, hutan, dan ladang.

Senator John Kerry, Democratic Party – Massachusetts, USA:
Orang awam bisa melakukan berbagai hal. Buatlah pilihan yang cerdas untuk jenis produk yang mereka beli. Belajarlah sendiri dari internet mengenai produk-produk hijau dan berbagai hal yang bisa dilakukan. Kurangi mengemudi, mengemudilah lebih efisien, gantilah lampu pijar, perbaikilah efisiensi energi di rumah, jadilah lebih peduli dengan jejak karbon, dengan satu atau lain cara, dan hormatilah lingkungan.

tips menuju green teknologi

Makanan dan Minuman

1Kurangi konsumsi daging—bervegetarian adalah yang terbaik! Berdasarkan penelitian, untuk menghasilkan 1 kg daging, sumber daya yang dihabiskan setara dengan 15 kg gandum. Bayangkan bagaimana kita bisa menyelamatkan bumi dari kekurangan pangan jika kita bervegetarian. Peternakan juga penyumbang 18% “jejak karbon” dunia, yang mana lebih besar dari sektor transportasi (mobil, motor, pesawat, dll). Belum ditambah lagi dengan bahaya gas-gas rumah kaca tambahan yang dihasilkan oleh aktifitas peternakan lainnya seperti metana yang notabene 23 kali lebih berbahaya dari CO2 dan gas NO yang 300 kali lebih berbahaya dari CO2. Dan yang pasti banyak manfaat kesehatan dan spiritual dari bervegetarian. Anda akan menjadi lebih sehat dan pengasih.

2Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar. Menghindari makanan yang sudah diolah atau dikemas akan menurunkan energi yang terbuang akibat proses dan transportasi yang berulang-ulang. Makanan segar juga lebih sehat bagi tubuh kita

3Beli produk lokal, hasil pertanian lokal sangat murah dan juga sangat menghemat energi, terutama jika kita menghitung energi dan biaya transportasinya. Makanan organik lebih ramah lingkungan, tetapi periksa juga asalnya. Jika diimpor dari daerah lain, kemungkinan emisi karbon yang dihasilkan akan lebih besar daripada manfaatnya.

4Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa menggunakannya berulang- ulang. Energi untuk membuat satu kaleng alumunium setara dengan energi untuk menyalakan TV selama 3 jam.

5Beli dalam kemasan besar. Akan jauh lebih murah, juga menghemat sumber daya untuk kemasan. Jika terlalu banyak, ajaklah teman atau saudara Anda untuk berbagi saat membelinya.

6Matikan oven Anda beberapa menit sebelum waktunya. Jika tetap dibiarkan tertutup, maka panas tersebut tidak akan hilang.

7Hindari fast food. Fast food merupakan penghasil sampah terbesar di dunia. Selain itu konsumsi fast food juga buruk untuk kesehatan Anda

8Bawa tas yang bisa dipakai ulang. Bawalah sendiri tas belanja Anda, dengan demikian Anda mengurangi jumlah tas plastik/kresek yang diperlukan. Belakangan ini beberapa pusat perbelanjaan besar di Indonesia sudah mulai mengedukasi pelanggannya untuk menggunakan sistem seperti ini. Jadi sambutlah itikad baik mereka untuk menyelamatkan lingkungan.

9Gunakan gelas yang bisa dicuci. Jika Anda terbiasa dengan cara modern yang selalu menyajikan minum bagi tamu dengan air atau kopi dalam kemasan. Beralihlah ke cara lama kita. Dengan menggunakan gelas kaca, keramik, atau plastik food grade yang bisa kita cuci dan dipakai ulang.

10Berbelanjalah di lingkungan sekitar Anda. Akan sangat menghemat biaya tansportasi dan BBM Anda.

11Tanam pohon setiap ada kesempatan. Baik di lingkungan ataupun dengan berpartisipasi dalam program penanaman pohon. Bisa dengan menyumbang bibit, dana, dll. Tergantung kesempatan dan kemampuan Anda masing-masing.

Di rumah

12Turunkan suhu AC Anda. Hindari penggunaan suhu maksimal. Gunakan AC pada tingkatan sampai kita merasa cukup nyaman saja. Dan cegah kebocoran dari ruangan ber-AC Anda. Jangan biarkan ada celah yang terbuka jika Anda sedang menggunakan AC Anda karena hal tersebut akan membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan Anda. Pada akhirnya hal ini akan menghemat tagihan listrik Anda.

13Gunakan timer untuk menghindari lupa mematikan AC. Gunakanlah timer sesuai dengan kebiasaan Anda. Misalnya jam kantor Anda adalah pukul 8.00 sampai 17.00. Set timer AC Anda sesuai dengan jam kantor tersebut. Dengan begitu tidak ada lagi insiden lupa mematikan AC hingga keesokan harinya.

14Gunakan pemanas air tenaga surya. Meskipun lebih mahal, dalam jangka panjang hal ini akan menghemat tagihan listrik Anda. (Bahkan saat ini sudah ada penerang jalan dengan tenaga surya).

15Matikan lampu tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes. Selain menghemat energi dan air bersih, ini akan menghemat banyak tagihan Anda.

16Gunakan lampu hemat energi. Meskipun lebih mahal, rata rata mereka lebih kuat 8 kali dan lebih hemat hingga 80 % dari lampu pijar biasa.

17Maksimalkan pencahayaan dari alam. Gunakan warna terang di tembok, gunakan genteng kaca diplafon, maksimalkan pencahayaan melalui jendela.

18Hindari posisi stand by pada elektrronik Anda! Jika semua peralatan rumah tangga kita matikan (Bukan dalam posisi stanby) maka kita akan mengurangi emisi CO2 yang luar biasa dari penghematan energi listrik. Gunakan colokan lampu yang ada tombol on-off-nya. Atau cabut kabel dari sumber listriknya.

19Jika pengisian ulang baterai Anda sudah penuh, Segera Cabut!. Telepon genggam, pencukur elektrik, sikat gigi elektrik, kamera, dll. Jika sudah penuh segera cabut.

20Kurangi waktu dalam membuka lemari es Anda. Untuk setiap menit Anda membuka pintu lemari es. Akan diperlukan 3 menit full energi untuk mengembalikan suhu kulkas ke suhu yang diinginkan.

21Jangan membeli bunga potong. Jika daerah Anda bukan penghasil bunga hias, maka bisa dipastikan bunga itu dikirim dari tempat lain. Hal ini akan menghasilkan “jejak karbon” yang besar.

22Potong makanan dalam ukuran yang lebih kecil. Ukuran potongan yang lebih kecil akan menggunakan energi lebih sedikit untuk memasaknya.

23Gunakan air dingin untuk mencuci dan cucilah dalam jumlah banyak. Jika Anda memiliki keluarga kecil, tidaklah perlu setiap hari mencuci. Kumpulkanlah sampai kapasitas mesin cuci Anda terpenuhi, hal ini akan menghemat air, mengurangi pemakaian listrik dan juga mengurangi pencemaran akibat deterjen Anda.

24Gunakan deterjen dan pembersih ramah lingkungan. Saat ini mungkin harganya memang lebih mahal. Tetapi bila Anda mampu, lakukanlah demi masa depan anak cucu kita.

25Gunakan ulang perabotan rumah Anda. Jika Anda sudah bosan dengan perabotan Anda, Anda bisa melakukan obral di garasi rumah, berikan kepada orang lain. Atau bawa ke pengerajin untuk dimodifikasi sesuai keinginan Anda.

26Donasikan mainan yang sudah tidak pantas untuk umur anak Anda.

27Jika menggunakan deodorant atau produk-produk semprot lainnya, jangan menggunakan aerosol. Pilihan spray dengan kemasan botol kaca akan lebih baik. Aerosol juga penyumbang besar dalam pencemaran udara kita.

Dalam Pekerjaan

28Makan siang dikantor. Jika kita sering makan diluar kantor dengan bungkusan dan rutin, lebih baik jika Anda membeli kotak makan atau tempat minum yang kuat dan bisa dipakai berulang kali. Hindari media bungkus plastik atau stereofoam (Berasal dari minyak bumi dan susah untuk diuraikan).

29Gunakan kertas lebih sedikit. Gunakan email internal Anda dan software perkantoran untuk membuat laporan internal. Cetaklah laporan/presentasi hanya jika diperlukan untuk melakukan kesepakatan dengan pihak luar.

30Matikan peralatan kantor Anda. Matikan dari sumbernya. Jangan dibuat stand by, matikan UPS dan trafo. Jika perlu cabut dari sumber listriknya.

31Gunakan e-banking. Alihkan tagihan kartu kredit Anda melalui penagihan lewat email, beberapa bank di Indonesia sudah dapat melakukannya. Bank-bank di Indonesia saat ini umumnya telah menyediakan fasilitas e-banking yang sangat lengkap. Kita bisa melakukan hampir semua transaksi pembayaran, transfer, pembelian voucher, dll melalui internet banking, bahkan mobile banking. Memaksimalkan penggunaan ebanking akan menghemat banyak waktu dan biaya Anda. Anda telah menghemat dan meyelamatkan banyak pohon dan konsumsi CO2 untuk proses pembuatan kertas. Anda juga menghemat sangat banyak konsumsi BBM yang dibutuhkan untuk pergi ke bank atau ke ATM. Mulailah belajar untuk menggunakan e-banking bila Anda belum biasa untuk menggunakannya. Jangan mengkhawatirkan masalah keamanan karena teknologi pengamanan jaringan perbankan saat ini sudah sangat canggih. Tidak akan ada masalah dalam hal keamanan apabila Anda mengikuti dengan baik cara-cara dan panduan yang disarankan untuk melakukan transaksi online dengan aman.

32Bagi industri, mulailah untuk menggunakan sumber energi yang dapat diperbaharui (tenaga angin, air, surya, dll). Gunakan peralatan yang hemat listrik dan hemat energi, serta buatlah kebijakan/peraturan penghematan energi dan sumber daya di perusahaan Anda. Pilihlah teknologi yang ramah lingkungan, dan lakukanlah manajemen yang baik untuk menangani limbah industri Anda. Edukasi karyawan Anda untuk terbiasa bertanggung jawab dalam penggunaan energi dan sumber daya perusahaan. Tingkatkanlah kesadaran mereka mengenai kecintaan terhadap lingkungan, tidak dengan hanya membuat peraturan dan hukuman. Berkontribusilah bagi perlindungan dan keselamatan lingkungan sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan Anda. Lakukanlah program penanaman pohon, pembersihan lingkungan, dll. Pada akhirnya hal tersebut juga akan memberikan keuntungan bagi perusahaan Anda karena citra perusahaan Anda akan terangkat sebagai perusahaan yang beradab dan berbudaya.

Dalam perjalanan

33Berlibur akan sangat meningkatkan jejak karbon Anda. Terutama jika dilakukan dengan menggunakan pesawat. Berliburlah di dalam negeri dan gunakanlah transportasi darat! Hal ini dapat mengurangi banyak sekali emisi karbon. Pesawat terbang merupakan penyumbang gas rumah kaca yang lebih signifikan daripada mobil atau kendaraan darat lainnya. Pesawat terbang memberikan kontribusi yang cukup besar pada pemanasan global karena efek pelepasan CO2 di ketinggian dan asap dari mesin jet yang tertinggal hingga berjam-jam merupakan penangkap panas yang signifikan di atmosfer

34Kurangi perjalanan bisnis Anda. Teknologi sekarang sangat memungkinkan untuk melakukan teleconference, juga menydiakan begitu banyak metode berkomunikasi
via internet. Ditambah lagi dengan makin murahnya biaya internet, Anda akan menghemat banyak pengeluaran perjalanan Anda, dan tentunya mengurangi jejak karbon Anda secara signifikan. Pengecualian dapat dilakukan untuk transaksi yang membutuhkan
tanda tangan Anda atau yang benar-benar membutuhkan kehadiran Anda.

35Gunakan handuk hotel Anda lebih dari satu hari, Anda akan menghemat salah satu sumber daya terpenting, yaitu air, dan juga mengurangi pencemaran akibat deterjen yang dipakai. Lebih jauh lagi, Anda menghemat energi dari mesin pencuci dan pengering yang digunakan.

Mengemudi

36Gunakan mobil antar jemput untuk sekolah anak Anda, hal ini akan sangat mengurangi beban BBM Anda, sopir, dan cicilan kendaraan. Jika belum ada, mungkin Anda bisa memulainya, dan menjadikan sebagai bisnis Anda.

37Kecil itu indah dan hemat. Jika Anda tidak bisa lepas dari penggunaan mobil, gunakanlah city car atau mobil dengan bahan bakar bio fuel, elektrik, hibrida, bahkan hidrogen, tergantung dari kemampuan Anda masing-masing. Tidak perlu membeli SUV besar 4 x 4 jika Anda tidak bekerja dipertambangan atau perkebunan. Gunakan kendaraan hibrida bila Anda mampu membelinya.

38Ganti bahan bakar Anda, Gunakan bahan bakar alami atau yang dapat diperbaharui (di Indonesia tersedia bio solar dan bio pertamax). Luar biasa jika bisa Anda bisa menggunakan bahan bakar hidrogen.

39Cek tekanan angin ban dan jadwal service Anda. Dari beberapa survei dipercaya menjaga kondisi mobil Anda pada kondisi optimal akan menghemat 5% penggunaan bahan bakar Anda.

40Sewa mobil saat diperlukan. Jika mobil bukan sarana utama Anda maka menyewa adalah pilihan yang baik. Termasuk jika Anda hanya memerlukan kendaraan besar (Family Car atau SUV) untuk beberapa kesempatan saja. Penghematan dari cicilan ataupun bahan bakar harian Anda akan sangat terasa.

41Matikan mesin saat menunggu di sekolah anak Anda atau saat terjadi kemacetan total. Ini sangat sering terjadi. Panas saat menunggu bisa dikurangi dengan menggunakan kaca film yang baik atau penghalang matahari yang banyak dijual di toko aksesoris mobil. Atau parkirkan mobil Anda ditempat yang rindang.

42Berbagilah! Carilah rekan kerja, teman yang area kerjanya sejalan dengan tujuan kerja Anda. Anda bisa berbagi biaya perjalanan dengan mereka.

43Belajarlah cara mengemudi yang baik. Ganti perseneling lebih awal bisa mengurangi konsumsi BBM hingga 15%. Jika mendekati kemacetan atau lampu lalu lintas berhentilah perlahan bukan dengan rem mendadak. Hindarkan mengemudi dengan kasar. Pindahkan gigi saat mencapai 2500-3000 rpm. Dan mengemudilah di batasan 1500-3000 rpm, beberapa survei mendapatkan hasil yang memuaskan dalam kehematan BBM dalam range tersebut.

Elektronik

44Go rechargeable, gunakan peralatan dengan baterai yang bisa diisi ulang. Jika harus menggunakan yang satu kali buang gunakan lithium-ion (Li-Ion) and nickel metal hydride (NiMH) sangat hemat biaya, effective.

45Utamakan hemat energi saat membeli peralatan elektronik. Misalnya pilihlah TV LCD daripada TV CRT (TV tabung konvensional). Carilah AC atau kulkas dengan konsumsi listrik terendah, dll. Saat ini tidak terlalu sulit untuk menemukan produk elektronik hemat energi karena produsen beramai-ramai mulai memfokuskan strategi pemasarannya ke produk-produk seperti itu. Lihat saja dari seberapa sering Anda melihat iklan-iklan AC hemat energi di media cetak maupun elektronik.

46Gunakan lebih lama, jangan mudah berganti alat elektronik yang memiliki fungsi sama. Jika dilakukan, donasikan barang Anda yang lama.

Alat kebersihan

47Cleaner, greener, meaner Meskipun masih lebih mahal, produk kebersihan yang ramah lingkungan sudah mulai hadir di supermarket. Belilah bila Anda mampu. Sebenarnya cuka dan baking soda bisa digunakan untuk pembersihan hampir barang apapun. Campurlah cuka dengan air hangat (50:50), larutan cuka air tersebut dapat digunakan sebagai pembersih serba guna.. Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan bau pada karpet.

48Pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Ini sangat penting agar energi dan racun sekitar kita cepat bersih. Terutama saat membersihkannya.

49Untuk kesegaran ruangan, tempatkan tumbuhan yang bisa hidup di dalam ruangan, akan sangat membantu kesegaran lingkungan Anda.

50Untuk penanganan barang beracun, segera hubungi dinas kebersihan atau lingkungan di lingkungan Anda.

Buat bahan lagi

Diarsipkan di bawah: Uncategorized | Tag: , , ,

Kemajuan teknologi menjadikan kehidupan lebih mudah dan menyenangkan, tapi dampak negatif kemajuan itu juga tidaklah sedikit, misalnya polusi yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan pemborosan sumbar daya alam yang tidak dapat diperbaharui.Seandainya kemajuan teknologi hanya mengutamakan kecanggihannya tanpa mempertimbangkan dampak negatifnya bagi kehidupan maka sesungguhnya kehadirannya bukanlah kemajuan tapi justru sebuah kemunduran. Teknologi yang merugikan bagi lingkungan adalah sebuah belati yang menikam dari belakang.

Kehadiran teknologi ramah lingkungan adalah solusi bagi kehidupan berkesinambungan yang dapat dipertanggungjawabkan, kebutuhan akan hal itu adalah mutlak. Jika tidak , maka hal itu akan menjadi beban berat bagi generasi berikutnya dimana mereka akan mewarisi sampah polusi dan segudang masalah lingkungan yang mempengaruhi kehidupan paling dasar.

Sayangnya kemajuan teknologi ramah lingkungan ini masihlah hal langka (juga mahal), hanya dapat dinikmati dengan pengorbanan sumber daya yang besar dan oleh negara-negara maju saja. Sementara masyarakat negara berkembang masih kesulitan mengakses teknologi semacam ini. Padahal banyak sumber daya alam dan pendukung kehidupan bumi berbasis di negara-negara berkembang. Sehingga terdapat kesenjangan antara usaha pelestarian lingkungan dengan penerapan teknologi yang mendukungnya.

Kesenjangan ini hanya dapat diatasi jika negara maju memberikan kemudahan bagi negara berkembang untuk mengakses teknologi ramah lingkungan yang mereka hasilkan seluas-luasnya. Sehingga ada sinkronisasi antara pelestarian lingkungan dengan teknologi yang digunakan. Jangan sampai ketika negara berkembang dapat menikamati teknologi ramah lingkungan pada saat itu lingkungan sudah terlanjur rusak atau terpolusi parah, hutan telah habis, air tercemar, udara kotor, sampah menumpuk, sumber daya alam menipis drastis, dan manusia sedang sakit-sakitan menghadapi gejala perubahan iklim global.

Tentu ironis sekali ketika sebuah mobil hybrid yang ramah lingkungan melintas di sebuah kawasan, dimana di salah satu sudutnya terdapat sampah yang menumpuk, display pencatat kondisi udara menunjukkan kandungan CO2 yang tinggi, air kekuningan melintas disungai yang tak ada lagi ikannya, dan disalah satu rumah sedang terbaring seorang anak yang sakit karena udara kotor…

(Tulisan ini terinspirasi dari Fokus Radio Jepang tentang " Teknologi Mobil Hybrid" yang disiarkan 19 Maret 200 8)