Rabu, 01 April 2009

Sedikit tentang Solar sel

? Solar cell
Solar cell yaitu pembangkit tenaga surya yang dapat digunakan sebagai supply atau catu daya. Solar cell dapat diaplikasikan dalam pembuatan robot atau rangkaian sumber tegangan. Solar cell terdiri dari lapisan sel-sel yang dapat menyerap panas dan diubah kedalam energi listrik.

? Load cell
Load cell adalah tranducer yang digunakan untuk mengubah tekanan menjadi sinyal elektrik. Biasanya alat ini terdiri dari empat strain gauges dalam wheatstone brigde configuration, tetapi ada juga yang terdiri dari satu atau dua strain gauges. Sinyal output elektrik biasanya direpresentasikan dalam milivolt dan memerlukan penguatan oleh instrument amplifier sebelum dapat digunakan. Output dari tranduser dimasukan dalam algoritma untuk menghitung tekanan pada tranducer.
Beberapa tipe load cell:
• Double bending beam
• Shear beam
• Column
• Membrane
• Ring torsion
• Bending ring
• Double shear beam
• Multiple shear beam
Load cell dalam aplikasi digunakan untuk penskalaan, menimbang berat truck, mengukur tekanan, dll. Design dari Load cell bisa dibedakan menurut jenis output sinyal yang dihasilkan (pneumatic, hydraulic, electric) atau menurut cara mereka mendeteksi berat (bending, shear, compression, tension, etc.)

? Water level sensor
Water level sensor adalah suatu alat yang digunakan untuk mendeteksi suatu pergerakan material. Biasanya digunakan untuk mengukur ketinggian permukaan air. Sensor ini memiliki bagian semacam pelampung yang diletakkan di atas permukaan air, ketika terjadi kenaikan atau penurunan permukaan air, maka sensor ini mendeteksi perubahan itu melalui pelampung tadi.

? RFID
RFID (Radio Frequency Identification) atau Identifikasi Frekuensi Radio adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena yang memungkinkan mereka untuk menerima dan merespon terhadap suatu query yang dipancarkan oleh suatu RFID transceiver. Label yang pasif tidak membutuhkan sumber tenaga, sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi.

Tidak ada komentar: